Alat Pencernaan Makanan Manusia

MULUT
Di dalam mulut terdapat gigi yang berfungsi sebagai alat pencernaan mekanik; serta lidah yang berfungsi mengatur letak makanan, membantu menelan makanan, membantu berbicara, sebagai alat indera pengecap, kelenjar ludah yang berfungsi menghasilkan ludah, membasahi makanan agar mudah ditelan, sebagai alat pencernaan kimiawi sebab menghasilkan enzim ptialin yang berfungsi mengubah karbohidrat menjadi glukosa/zat gula.

Menurut bentuk dan fungsi, gigi dibedakan menjadi 3 macam, yaitu:
  • Gigi seri, berfungsi memotong makanan.
  • Gigi taring, berfungsi merobek makanan.
  • Gigi geraham, berfungsi menghaluskan makanan.

Gigi tersusun atas 3 bagian, yaitu mahkota gigi, leher gigi dan akar gigi. Gigi tersusun atas 3 lapisan, yaitu lapisan email, tulang gigi, dan rongga gigi.

Susunan gigi pada anak-anak terdiri atas 2 buah gigi seri atas bawah kiri kanan, 1 buah gigi taring atas bawah kiri kanan dan 2 buah gigi geraham atas bawah kiri kanan. Susunan gigi pada orang dewasa terdiri atas 2 buah gigi seri atas bawah kiri kanan, 1 buah gigi taring atas bawah kiri kanan, 3 buah gigi geraham depan atas bawah kiri kanan dan 3 buah gigi geraham belakang atas bawah kiri kanan. Gigi pada anak-anak disebut gigi susu sebab bila gigi itu tanggal, gigi itu akan tumbuh kembali.

KERONGKONGAN
Merupakan saluran panjang yang menghubungkan rongga mulut dengan lambung. Panjangnya pada orang dewasa kira-kira 20 cm dan diameternya kira-kira 2 cm. Kerongkongan dapat melakukan gerakan melebar, menyempit, bergelombang, dan meremas-remas. Gerakan tersebut dinamakan gerak peristaltik.

LAMBUNG
Disebut juga ventrikulus. Ada juga yang menyebutnya kantung nasi. Lambung terdiri dari 3 bagian, yaitu kardia, fundus, dan pilorus. Fungsi lambung sebagai alat pencernaan mekanik dan kimiawi. Lambung menghasilkan enzim pepsin, enzim renin, dan HCL.

Enzim pepsin berfungsi mengubah protein menjadi pepton. Enzim renin berfungsi mengubah asam susu menjadi protein susu. HCL atau asam klorida berfungsi membunuh kuman penyakit yang masuk ke dalam tubuh bersama-sama dengan makanan.

USUS HALUS
Usus halus terdiri dari 3 bagian, yaitu usus 12 jari (duodenum), usus kosong (jejunum), dan usus penyerapan (ileum). Fungsi utama usus halus adalah menyerap sari-sari makanan. Di dalam usus halus, terdapat jonjot usus yang berisi pembuluh darah yang berfungsi untuk menyerap sari-sari makanan. Sari-sari makanan diserap melalui jonjot usus, sedangkan lemak diserap oleh pembuluh kill. Di dalam usus 12 jari bermuara kelenjar empedu dan kelenjar pankreas.

USUS BESAR
Usus besar terdiri dari 3 bagian, yaitu usus besar naik, usus besar datar dan usus besar turun. Fungsi utama usus besar adalah mengatur kadar air pada sisa makanan. 

ANUS
Lubang pengeluaran air.