Alat Pernapasan Manusia

HIDUNG
Hidung merupakan alat pernapasan manusia terluar. Berfungsi tempat keluar-masuknya udara. Di dalam hidung terdapat rambut hidung dan kelenjar lendir. Fungsinya sebagai penyaring udara yang masuk ke dalam paru-paru. Bila kelenjar lendir terkena virus, kelenjar lendir akan bekerja dengan cepat. Pada rongga hidung terdapat ujung-ujung saraf pembau. Di dalam rongga hidung, udara mengalami 3 perlakuan, yaitu, disaring, diatur kelembapan udaranya dan disesuaikan suhunya.

LARING
Pada laring, terdapat pita suara dan katup epiglotis yang berfungsi mengatur masuknya udara dan makanan. Pada laring ada bagian yang membesar yang disebut jakun.

TRAKEA
Trakea tersusun atas gelang-gelang tulang tawan yang didalamnya terdapat rambut-rambut halus yang bergetar.

BRONKEA
Bronkea terdiri dari bronkea sebelah kiri dan sebelah kanan. Bronkea bercabang banyak berupa ranting-ranting yang disebut bronkiolus. Pada bronkiolus terdapat gelembung paru-paru yang disebut alveolus. Di dalam alveolus tempat berlangsungnya penyerapan oksigen dan pengeluaran karbon dioksida.

PARU-PARU
Terdapat dua buah paru-paru, yaitu paru-paru kiri dan paru-paru kanan. Paru-paru kanan mempunyai 3 buah gelambir. Paru-paru kiri mempunyai 2 gelambir. Paru-paru dibungkus oleh sebuah selaput tipis yang disebut pleura. Bila selaput ini radang, penyakitnya disebut pleuritis.