Bagian-Bagian Lagu

Secara umum, lagu terdiri atas 3 bagian, yaitu:
Pendahuluan (Prelude).
Berbentuk melodi yang dimainkan pada awal sebelum memasuki lagu. Biasanya terdiri atas 3 sampai 4 birama. Fase terakhir dari melodi lagu dan adpat juga melodi lain yang dirasa lebih harmonis.

Isi atau tema.
Berupa lagu yang akan disajikan baik menggunakan instrumen ataupun vokal. Lagu ini ditulis oleh komponis untuk menyampaikan rasa / tema tertentu mengenai pengalaman estetisnya.
Penutup (Pastlude).
Berupa melodi yang dimainkan setelah isi melodi. Melodi ini bisa sama dengan melodi prelude, bisa juga melodi lain yang dirasa lebih enak didengar panjang. Panjang pastlude antara 4 sampai 8 birama atau 1 flase.
Dalam menyajikan, seorang penata musik (arranger) tidak hanya menampilkan komposisi yang tersusun atas prelude, lagu dan pastlude. Terkadang perlu pengulangan tema agar pendengar lebih mengetahui dan merasakan musik yang ditampilkan sehingga terdapat susunan musik ansambel yang terbentuk atas prelude, tema, interlude, pengulangan tema dan pastlude.

Interlude adalah melodi yang terdapat di antara tema dan pengulangnya. Ketentuan interlude sama dengan prelude dan pastlude. Prelude merupakan melodi selingan dalam musik.