Reproduksi

CARA-CARA REPRODUKSI
Perkembangbiakan Generatif
Terjadinya calon individu baru yang didahului oleh fertilisasi (peleburan antara ovum dan sperma). Hasil dari fertilisasi disebut zigot. Sifat individu baru hasil perkembangbiakan generatif merupakan perpaduan dari sifat kedua induknya. Perkembangbiakan secara generatif pada makhluk hidup tingkat rendah dapat terjadi secara konjugasi, isogami dan anisogami.

Perkembangbiakan Vegetatif
Terjadinya individu baru tanpa didahului proses peleburan ovum dan sperma. Perkembangbiakan vegetatif hanya melibatkan satu organisme. Individu baru hasil perkembangbiakan vegetatif memiliki sifat selalu sama dengan sifat organisme induknya. Perkembangbiakan vegetatif makhluk hidup tingkat rendah dapat terjadi melalui pembelahan diri, membentuk tunas dan membentuk spora.

REKAYASA REPRODUKSI
Rekayasa reproduksi adalah suatu usaha manusia mengembangbiakkan makhluk hidup termasuk manusia sendiri untuk memecahkan masalah yang dihadapi, dengan memanipulasi tahap-tahap tertentu proses reproduksi alami makhluk hidup yang bersangkutan. Macam-macam rekayasa reproduksi:
Kultur Jaringan/Sel
Teknik untuk memperoleh bibit tanaman dengan cara menumbuhkan sel yang diambil dari sebagian jaringan tumbuhan dalam media khusus. Tujuannya untuk memperoleh bibit tanaman baru yang cepat dan banyak.

Organisme Transgenik
Organisme yang telah diubah urutan informasi genetik di dalam kromosom. Urutan informasi genetik diubah melalui penyisipan gen baru yang unggul ke dalam kromosom. Contohnya tomat dan kapas yang tahan hama.

Inseminasi Buatan (Kawin Suntik)
Proses memasukkan sperma hewan jantan ke dalam tubuh hewan betina, dan dilakukan dengan bantuan alat tertentu, misalnya alat suntik.

Hibridisasi (Persilangan)
Perkawinan antara dua individu yang sejenis dan memiliki sifat berbeda. Tujuannya untuk mendapatkan bibit unggul. Contoh: sapi pedaging disilangkan dengan sapi Brahmana dari India menghasilkan sapi Santa gertudis dengan daging dalam jumlah banyak dengan mutu baik, tahan terhadap iklim yang panas.

Fusi Protoplasma
Usaha yang dilakukan manusia untuk menghubungkan protoplasma dari dua macam sel berbeda secara alami atau sengaja. Biasanya dilakukan pada tumbuhan tingkat tinggi.

Bayi Tabung (Fertilisasi Invitro)
Proses mencampurkan antara sperma dan ovum di luar tubuh (invitro) sehingga terjadi pembuahan. Setelah terjadi pembuahan akan berkembang sampai pada fase tertentu kemudian dicangkokkan (transplantasi) ke dalam rahim ibu atau induknya.

Kloning
Proses untuk menghasilkan keturunan yang identik dengan induknya secara vegetatif.