Ide Pokok, Fakta, Pendapat, Kesimpulan, Ikhtisar, Tanggapan dan Menjawab Pertanyaan

Ide Pokok
Ide pokok atau gagasan pertama merupakan pernyataan yang menjadi inti pembahasan. Ide pokok terdapat pada kalimat pokok atau utama dalam setiap paragraf. Letaknya biasanya terletak pada awal atau akhir paragraf, ada juga yang terletak di tengah paragraf bila paragraf tersebut termasuk paragraf deskripsi. Hal yang termasuk ciri ide pokok antara lain memiliki makna yang paling umum di antara kalimat-kalimat yang terdapat pada paragraf tersebut.

Fakta dan Pendapat
Fakta merupakan pernyataan yang tak terbantahkan lagi kebenarannya. Kalimat yang berisikan fakta merupakan kalimat yang ditulis berdasarkan kenyataan peristiwa, suasana yang benar-benar terjadi dan bersifat objektif.

Ini berbeda dengan pendapat yang kemungkinan kebenarannya sangat relatif karena dipengaruhi oleh unsur pribadi yang bersifat subjektif. Dalam soal pendapat, memiliki ciri fisik yang biasa ditambahi dengan kata-kata seperti mungkin, bisa jadi, sangat, tidak mungkin, sebaiknya, dll. yang menunjuk pada sbujektifitas seseorang.

Kesimpulan
Kesimpulan merupakan pernyataan berisi fakta, pendapat, alasan pendukung mengenai tanggapan dari suatu objek. Bisa dikatakan kesimpulan merupakan pendapat akhir dari suatu uraian berupa informasi. Dalam soal bahasa Indonesia, kesimpulan bisa berupa rangkaian kalimat fakta yang diberi pendapat.

Ikhtisar
Ikhtisar merupakan intisari dalam beberapa paragraf dalam teks bacaan yang disusun bebas dalam satu bentuk tulisan baru tanpa mengubah isinya.

Tanggapan
Tanggapan merupakan respon terhadap fakta yang ada. Bentuknya bisa berupa kalimat pendapat yang didasarkan pada isi teks. Bila isi teks menginformasikan hal positif dapat dibuat tanggapan positif berupa persetujuan. Bila isi teks negatif, tanggapan bisa berisi negatif atau penolakan.

Menjawab Pertanyaan
Ada beberapa kata bantu tanya yang biasa digunakan dalam memahami bacaan. Kata tanya bantu tersebut dikenal dengan istilah 5W + 1H.
1. Apa (what) untuk menanyakan benda.
2. Siapa (who) untuk menanyakan orang.
3. Mengapa (why) untuk menanyakan sebab.
4. Kapan (when) untuk menanyakan waktu.
5. Di mana (where) untuk menanyakan tempat.
6. Bagaimana (how) untuk menanyakan keadaan.