Macam-Macam Vitamin

VITAMIN A
Banyak terdapat pada minyak ikan, wortel, tomat, dan buah-buahan merah. Berfungsi menjaga kesehatan mata. Kekurangan vitamin ini akan menyebabkan penyakit rabun senja. Sebaliknya, jika kelebihan vitamin ini akan menyebabkan tulang dan gigi menjadi rapuh.

VITAMIN B
Vitamin B sendiri ada beberapa macam yang disebut vitamin B kompleks. Macam-macam vitamin B kompleks, yaitu vitamin B1, B2, B6, dan B12.
  • Vitamin B1 berfungsi untuk membantu tubuh mengoksidasi makanan untuk memperoleh energi. Terdapat dalam kulit beras, sayur, akcang hijau, hati, susu, daging. Jika kekurangan vitamin B1 akan menyebabkan penyakit beri-beri dan penyakit saraf.
  • Vitamin B2 berfungsi untuk menjaga kornea mata dan respirasi sel. Terdapat dalam hati, telur, susu dan ragi. Kekurangan vitamin B2 menyebabkan katarak, radang kornea dan ujung mulut terkelupas.
  • Vitamin B6 membantu tubuh mencerna protein dan respirasi sel. Terdapat dalam telur, daging, kubis dan kentang. Kekurangan vitamin ini menyebabkan anemia dan pelagra.
  • Vitamin B12 berfungsi dalam pembentukan sel darah merah. Terdapat dalam susu, daging dan ragi. Kekurangan vitamin B12 akan menyebabkan anemia.

VITAMIN C
Terdapat pada buah dan sayur. Kekurangan vitamin C akan menyebabkan seriawan/skorbut.

VITAMIN D
Terdapat dalam susu, daging, dan sayur. Berfungsi dalam proses pembentukan tulang. Kekurangan vitamin D akan menyebabkan rakhitis.

VITAMIN E
Berguna untuk mencegah oksidasi lemak tak jenuh, menjaga struktur sel darah merah dan menjaga keremajaan sel. Diperoleh dari kecambah, minyak tumbuhan, dan sayuran hijau. Kekurangan vitamin E akan menyebabkan ketidaksuburan reproduksi.

VITAMIN K
Diperoleh dari kangkung, kubis, bayam, hati, dan daging. Berfungsi untuk proses pembekuan darah dan pembentukan protrombin. Kekurangan vitamin K akan membuat darah sukar membeku.