Potensi Diri untuk Berprestasi Sesuai Kemampuan

IDEALIS
Idealis artinya orang yang bercita-cita tinggi. Anak muda penuh idealisme, artinya cita-citanya itu sesuai jalan hidupnya yang pada akhirnya menjadi sempurna. Pada umumnya, kaum muda memiliki sifat idealis yang tinggi. Artinya, selalu mencari sesuatu yang ideal sesuai dengan cita-citanya. Mereka memiliki banyak gagasan yang bagus untuk diwujudkan. Idealisme patut dimiliki oleh setiap orang agar hidupnya bermakna dan berguna bagi nusa, bangsa, dan negaranya.

KREATIF
Seseorang yang memiliki daya cipta dan kemampuan untuk menciptakan disebut kreatif. Anak-anak muda sesuai SMP Kelas 3 dan SMA menyimpan/memiliki potensi yang besar. Potensi dapat bergerak cepat dan aktif, mengikuti perubahan/pembaruan dan penyempurnaan menuju arah kemajuan dengan menampilkan kreativitasnya.

SELALU INGIN TAHU
Masa bodoh/apatis itu biasanya tidak dimiliki anak-anak muda. Generasi muda itu selalu ingin tahu tentang sesuatu yang belum dikenal/diketahuinya. Namun, keingintahuan mereka harus diarahkan ke hal-hal positif.

BERANI
Dalam diri seorang anak muda selalu ada jiwa yang selalu bergelora. Misalnya berani menanggung risiko. Berani menanggung kegagalan tidak menyebabkan generasi muda patah semangat, tapi justru menjadi tantangan dan pendorong untuk maju. Anak-anak muda itu pantang menyerah kalau menghadapi kegagalan. Mereka bersemboyan, "kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda". Hari ini gagal, besok harus berhasil. Mereka akan melihat kegagalan itu untuk segera diperbaiki.

OBSESI TINGGI
Obsesi adalah pikiran yang selalu menggoda seseorang dan sangat sukar dihilangkan.

SIAP BERKOMPETISI
Berkompetisi itu bagus asal dilakukan dengan cara sportif karena kompetisi itu artinya persaingan, berkompetisi berarti bersaing. Setiap orang pasti ingin mendapatkan sesuatu dengan hasil yang baik. Orang itu ingin benar-benar berkualitas, maka kemampuan untuk berkompetisi harus diciptakan. Mereka harus dibiasakan untuk bersaing dalam hal-hal positif agar dapat menjadi generasi muda yang tangguh.

OPTIMIS
Orang yang selalu berpengharapan (berpandangan) baik itulah yang disebut optimis. Tidak ada yang dapat menghalangi kalau kita selalu optimis. Peluang, tantangan dan hambatan harus disertai dengan rasa optimis. Aku mau, aku pasti bisa! Inilah optimisme. Kemauan dan kemampuan yang disertai optimisme pasti akan mendatangkan keberhasilan dan pada akhirnya diri akan didapatkannya.